Wolfsburg, KompasOtomotif – Keinginan grup Volkwagen melahirkan brand mobil murah menuai perdebatan internal, terkait soal standarisasi perakitan kendaraan. Autocar,pekan lalu melansir keterangan salah satu sumber dalam perusahaan yang menjelaskan, pabrikan asal Jerman tersebut tengah galau menentukan anggaran yang pas agar sesuai dengan keinginan petinggi senior tentang level kualitas dan keamanan berkendara.
Mobil murah tengah digandrungi di negara berkembang. Nissan memperkenalkan reinkarnasi Datsun tahun lalu, Renault telah membangkitkan kembali Dascia pada 1999, dan General Motor baru saja memperkenalkan Baojun di China.
Volkswagen juga tergiur, namun hasil pertemuan masih gelap, belum ada keputusan hingga sekarang. Pabrikan yang bermarkas di Wolfsburg itu ingin sesuatu buat negara berkembang, berbeda dengan merek Skoda untuk pasar Eropa Barat. Status proyek itu kini “dipertimbangkan”, alih-alih dinyatakan tunda atau batal.
Keterangan lain, teknisi Volkswagen dikatakan tertarik dengan kreasi kompetitor, seperti Suzuki, yang mampu menciptakan model bawah berkualitas tanpa meningkatkan ongkos produksi. Brandmobil terjangkau Volkswagen dituju ke pasar seluruh dunia, termasuk China, India, Asia, Eropa Barat, Amerika Latin, dan Afrika.